Tips Meraup Dollar Dengan Paypal

Rabu, 17 Desember 2008

Dapatkan Apa Yang Sudah Anda Bayar


Kelemahan dari bisnis di Indonesia masih berada pada pelayanan konsumen. Slogan pembeli adalah raja hanya berakhir pada slogan. Sering kali konsumen membayar untuk sesuatu yang kurang memuaskan, dan mereka tidak mendapatkan apa yang diharapkannya.

Namun kita sebagai konsumen pun memiliki kelemahan, yaitu tidak mau memperjuangkan apa yang harusnya kita dapatkan dengan uang yang telah kita keluarkan. Dengan kemalasan untuk menyampaikan keluhan, hasilnya maka tidak pernah ada peningkatan pelayanan.

Berikut ini ada tips untuk mendapatkan apa yang telah Anda beli sesuai dengan uang yang Anda keluarkan. Kuncinya adalah ‘Jangan malas menyampaikan keluhan.'

Aturan pertama : Jangan menunda. Jika pelayanan sangat tidak menyenangkan, makanan yang disajikan tidak enak, produk yang Anda beli mengecewakan, jangan menunda untuk menyampaikan keluhan pada penyedia produk dan layanan. Lebih lama Anda menunda maka kemungkinan ditanggapi semakin kecil.

Aturan kedua: Gunakan telephone. Cari nomor telephone perusahaan atau jika memungkinkan hubungi supervisor dari customer service. Bicaralah dengan baik-baik, sampai Anda bisa bicara dengan pemimpin departmen tersebut. Jelaskan keadaan Anda dan sampaikan apa yang Anda inginkan untuk mengubah situasi yang tidak menyenangkan tersebut. Jika hal ini tidak berhasil, gunakan aturan ketiga.

Aturan ketiga: Tulislah surat. Surat memiliki tiga keuntungan: Anda tidak perlu menghadapi konfrontasi langsung, Anda bisa menyampaikan apa yang Anda pikirkan sejelas mungkin dan Anda akan memiliki rekaman apa yang Anda sampaikan. Selalu sertakan nama jelas, alamat, dan telephone serta tanggal kejadian. Pastikan Anda memiliki foto kopi dari surat yang Anda kirimkan.

Kebanyakan masalah bisa diselesaikan dengan aturan yang pertama, karena bagaimanapun perusahaan ingin menjaga citranya di hadapan konsumen. Jadi jangan pernah takut untuk menyampaikan keluhan. Anda layak untuk mendapatkan yang terbaik sesuai dengan apa yang telah Anda bayarkan.

Email :smile_boyzzzzz@yahoo.com

6 komentar:

Umar Puja Kesuma, S.Pd. mengatakan...

Mas Frans, Tipsnya bagus banget.
Jadi intinya menciptakan budaya komplain yang adil dan beradab ya? hehehe...
Tapi jangan lupa lho, orang yang hobinya komplain tuh ada. Dikit-dikit komplain.
Satu lagi, kalau sudah mendapatkan servis yang memuaskan jangan lupa memberi ucapan terimakasih. Jangan nyelonong aja, okrek pren?

Ngadi Chen mengatakan...

Tipsnya ok banget! Budaya sering menunda itu memang kurang bagus. Entar rejekinya ketunda juga nih...
Jangan lupa mampir juga ke tempat saya, siapa tahu ada yang cocok & bermanfaat (sekalian promosi nih mas Fran..)

Salam Sukses !

Ngadi Chen
http://airmurniro.wordpress.com
http://mybonuspulsa.co.cc

Welly mengatakan...

wah, tipsnya udah kayak marketer kelas dunia aja nih bro ...salam kenal yah ..

Umar Puja Kesuma, S.Pd. mengatakan...

Mampir lagi, Bro!! boleh kan?

Sekalian nginfo ada yang baru dari BISNIS GURU
Silakan dibantai abis, hehehe...

rifa7 mengatakan...

mmmmmmmmmmmmmmmm
tapi,setiap bisnis sll mmbutuhkan modal khaaaaannnnn

trusss
kalau yg para pelajar bgini bagaimana???????
kan blm mempunyai penghasilan????????

Unknown mengatakan...

komplen boleh2 aja... tapi liat2 dulu salah siapa?

jangan2 salah pembeli, karena terlalu napsu sampe salah aplikasi...